Token Kripto Adalah Alternatif Investasi Menarik di Era Digital

oleh -769 Dilihat
Token Kripto

Token Kripto: Cara Kerja, Keamanan, dan Perkembangan

Pengenalan

token kripto adalah bentuk pemilikannya yang berbasis teknologi blockchain. token kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple digunakan untuk memfasilitasi perdagangan dan transfer uang antara pengguna di seluruh dunia, bahkan tanpa pihak ketiga seperti bank atau PayPal. Meskipun Bitcoin adalah token kripto paling terkenal, seiring berjalannya waktu, banyak token kripto lainnya yang terus bermunculan.

Cara Kerja Token Kripto

Token kripto disimpan dalam dompet digital, yang merupakan alamat unik yang terdiri dari dua kunci, yaitu kunci publik dan kunci pribadi. Kunci publik memungkinkan pengguna untuk menerima pembayaran, sedangkan kunci pribadi memungkinkan pengguna untuk mengirim pembayaran.

Baca Juga :  Kripto 2022: Prediksi dan Tren Investasi Terbaru untuk Cryptocurrency

Setiap kali transaksi dijalankan, transaksi tersebut dikumpulkan bersama dengan transaksi lain dalam blok. Setelah blok berhasil di-validasi oleh sekelompok pengguna yang disebut penambang, blok itu dikumpulkan ke dalam blockchain dan transaksi itu dianggap selesai. Setiap blok dalam blockchain dihubungkan dengan blok sebelumnya, sehingga transaksi dalam blockchain selalu tercatat dan tersimpan dengan aman.

Keamanan Token Kripto

Keamanan token kripto bergantung pada teknologi blockchain dan matematika kriptografi yang dibangun di atasnya. Setiap transaksi dalam blockchain dienkripsi dengan kode matematika kriptografi yang memungkinkan hanya pemegang kunci pribadi untuk memverifikasi dan menandatangani transaksi tersebut.

Baca Juga :  Kripto Halal atau Haram: Apa yang Perlu Diketahui?

Blockchain juga aman karena tidak terpusat, artinya tidak didukung oleh server sentral. Informasi dalam blockchain di-replikasi di seluruh jaringan, membuatnya sulit untuk dimanipulasi oleh penjahat siber.

Perkembangan Token Kripto

Sejak pertama kali muncul, token kripto telah mengalami perkembangan yang cepat. Pada Desember 2017, harga Bitcoin mencapai level tertinggi sepanjang masa di atas $19.000. Beberapa bulan kemudian, pada Januari 2018, hype Bitcoin mulai mereda dan harga turun tajam.

Di sisi lain, Bitcoin dan token kripto lainnya masih terus berkembang. Pada tahun 2021, Tesla mengumumkan bahwa mereka telah membeli Bitcoin senilai $1,5 miliar, menjadi perusahaan besar pertama yang memasuki pasar aset kripto dengan santunan yang signifikan.

Baca Juga :  Crypto Bulls: Mungkinkah Investasi Cryptocurrency Menguntungkan?

Seiring dengan popularitas yang semakin meningkat, beberapa negara telah menerapkan regulasi untuk membatasi penggunaan atau perdagangan Bitcoin. Indonesia, misalnya, masih dalam tahap pengembangan regulasi Bitcoin dan token kripto lainnya, meskipun pemerintah dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk memperketat peraturan.

Dalam waktu dekat, perkembangan token kripto di Indonesia dan di seluruh dunia masih tetap menarik untuk diikuti.

Token Kripto Adalah

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.